Jumat, 05 Oktober 2018

Perkokoh Persatuan Negeri Melalui Keteladanan Pahlawan

Kemerdekaan Indonesia tidak lepas dari perjuangan para pahlawannya. Semangat para pahlawan yang menggebu-gebu mampu membangkitkan semangat masyarakat Indonesia yang saat itu berada di masa sulit. Nilai-nilai semangat perjuangan para pahlawan harus diteladani oleh bangsa, agar terus bisa berkontribusi positif untuk membangun Indonesia.
Walaupun berbeda asal usul dan latar belakang, para pahlawan Indonesia tidak menjadikan hal itu sebagai sebuah halangan. Perbedaan itu malah membuat para pahlawan bersatu dan kuat. Semangat pantang menyerah pahlawan bisa menjadi motivasi untuk kita. Apapun kesulitan yang dihadapi bangsa Indonesia, kita harus yakin dan optimis bisa melaluinya. Apalagi semua dilandasi dengan semangat persatuan dan kesatuan. Terutama oleh anak muda agar terus berpikir kreatif dan positif.
Sekarang ini rasa kebersamaan dan tanggung jaab bisa dikatakan nyaris tidak ada. Sebagai contoh, suatu pemerintahan daerah banyak diantara mereka antara gubernur, bupati, maupun walikota dengan wakilnya tidak sejalan. Disamping itu juga diantara mereka kurang bertanggung jawab dalam melaksanakan tugasnya.
Kalau dilihat sekarang rasa persatuan dan kesatuan sudah dibilang tidak ada lagi. Dari segi pemerintahan banyak kebijakan yang lebih mengutamakan golongannya saja dan tidak memperhatikan apakah kebijakan tersebut akan merugikan pihak lain. Begitu juga danya gesekan di masyarakat seperti perkelahian pelajar maupun tawuran antar kampung seringkali terjadi.
Kepedulian terhadap bumi pertiwi kita juga luntur, sebagai contoh orang yang mempunyai potensi demi kemajuan bangsa ini lebih memilih berkarir diluar negeri dengan alasan kurangnya perhatian pemerintah dan kecilnya gaji yang diperoleh. Terlebih lagi semnagt rela berkorban yang dicontohkan para pahlawan rela berkorban apasaja bahkan nyawanya.
Seperti yang kita ketahui setiap tanggal 10 November kita peringati sebagai Hari Pahlawan. Apakah pahlawan kita yang berjuang merebut dan mempertahankan keerdekaan mengharapkan di peringatai oleh seluruh bangsa Indonesia? Tentu jawabannya tidak. Akan tetapi sebagai generasi penerus bangsa untungnya kita harus dapat melaksanakan harapan para pahlawan kita dengan mengisi kemerdekaan yang sudah mereka rebut dengan susah payah dengan mengorbankan harta, benda bahkan jiwa raganya.
Oleh karena itu mari kita sama - sama merenung dan bertindak sesuai dengan kapasitas masing - masing dalam mengisi kemerdekaan dan memerkokoh persatuan negeri dengan meneladani para pahlawan kita.
Penulis : Michelle Aprillia Clara A. P.
X IBB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar