Jumat, 05 Oktober 2018

Persatuan Indonesia


            Indonesia adalah negara multikulturalisme yang memiliki banyak perbedaan. Disetiap perbedaan itu Indonesia harus tetap bersatu untuk mencapai tujuan negraa Indonesia. Sesuai dengan semboyan bangsa Indonesia “Bhineka Tunggal Ika”, yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Menjaga persatuan dapat dicapai dengan berbagai cara. Dan juga persatuan memiliki banyak manfaat.

            Rasa nasionalisme, cinta tanah air, harus ada disetiap jiwa bangsa Indonesia. Rasa toleransi, menghormati setiap perbedaan, juga harus ada disetiap jiwa bangsa Indonesia. Rasa nasionalisme dan rasa toleransi tersebut dapat tetap menjaga persatuan di Indonesia. Kedua hal tersebut sangat penting karena Indonesia adalah Negara yang memiliki berbagai suku bangsa.

            Menjaga persatuan dapat dilakukan dengan menghormati jasa para pahlawan. Para pahlawan berjuang dengan mengorbankan jiwa raga serta harta benda demi Indonesia dapat merdeka dan dapat berdiri sendiri dengan kokoh. Jika tidak ada para pahlawan maka Negara Indonesia tidak akan merdeka. Sehingga, bangsa Indonesia harus menjaga persatuan untuk menghargai jasa para pahlawan.

            Menghargai jasa para pahlawan, yaitu tidak menyebabkan perpecahan karena para pahlawan sudah berjuang dengan susah payah untuk Negara Indonesia dapat berdiri dengan kokoh dan merdeka. Ditengah perkembangan zaman ini, bangsa Indonesia harus bisa menjaga persatuan. Agar Indonesia bisa mencapai tujuan Negara Indonesia yang tertulis di pembukaan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia aline ke-4.

            Selain dengan menghormati jasa para pahlawan, menjaga persatuan juga dapat dilakukan dengan tidak membeda – bedakan teman dalam bergaul. Walaupun teman kita berasal dari suku, agama, dan ras yang berbeda, namun kita harus tetap menghargainya. Kita tidak boleh menilai kebudayaan atau kepercayaan orang dengan pandangan sebelah mata dan menganggap secara sepihak bahwa itu merupakan hal buruk. Karena, berawal dari hal tersebutlah perpecahan dapat timbul.

            Dengan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, kita dapat memetik banyak manfaat dari dalamnya. Yang pertama adalah Bisa mengatasi semua perbedaan yang timbul dengan penuh kesadaran. Ketika seluruh masyarakat Indonesia telah bersatu menjadi bangsa yang utuh, segala permasalahan yang timbul akan lebih mudah diatasi karena rakyat Indonesia yang telah bersatu. Mereka  akan mementingkan kepentingan umum dibandingkan kepentingan pribadi dalam mengatasi masalah, sehingga masalah akan lebih cepat diselesaikan.

Yang kedua adalah Bangsa Indonesia lebih mudah untuk menjadi negara yang maju. Hal ini dikarenakan masyarakatnya telah saling bersatu dan tidak saling egois antar satu dengan lainnya. Ini akan lebih memudahkan bangsa Indonesia untuk berevolusi menjadi negara yang lebih maju yang pastinya dapat menyejahterakan masyarakat Indonesia.

Manfaat menjaga persatuan dan kesatuan yang terakhir adalah Memperkuat ketahanan nasional Indonesia dalam menghadapi segala ancaman dan gangguan dalam bernegara. Masyarakat yang menjaga persatuan dan kesatuan pasti akan memiliki rasa cinta tanah air. Di dalam rasa cinta tanah air itu terdapat rasa rela berkorban. Jadi masyarakat yang telah bersatu aka nada rasa rela berkorban unuk bangsanya sehingga ketahanan dan kemanan bangsa semakin menjadi kuat.

Begitu banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Begitu pula manfaat yang dapat di ambil dari menjaga persatuan juga begitu banyak. Jdi mari kita menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia agar Indonesia menjadi negara yang lebih baik di masa yang akan dataang.

Penulis            :  Safira Isma Aulia

X MIPA 3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar