Jumat, 05 Oktober 2018

Persatuan dalam Keberagaman


Seperti yang kita semua ketahui, Negara Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar dengan ribuan pulau yang menjadi satu kesatuan, nusantara. Hal itu membentuk berbagai keragaman budaya maupun bahasa di Indonesia. Ada begitu banyak suku yang melahirkan budaya mereka masing-masing. Hal tersebut menjadi salah satu alasan mengapa terdapat begitu banyak bahasa dan budaya. Keberagaman Indonesia tersebut bahkan membuat negara asing bertanya-tanya. Dengan begitu banyaknya keberagaman yang ada, bagaimana bisa Indoensia masih bisa bersatu? Bagaimana bangsa Indonesia bisa hidup dengan rukun dan damai? Tentunya, kokohnya persatuan bangsa menjadi kunci dari kerukunan dan kedamaian yang ada di Indonesia.

Selain memiliki keberagaman budaya, Indoensia juga menjadi negara dengan ragam bahasa terbanyak di dunia. Hampir di setiap pelosok wilayah Indonesia memiliki bahasa daerahnya sendiri. Contohnya, bahasa daerah Jawa Tengah dengan Kalimantan tentu saja berbeda. Contoh lebih sederhana adalah bahasa daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur sudah memiliki ciri khas masing-masing. Walaupun, mungkin terdapat beberapa persamaan kata di antara beragamnya bahasa yang ada.

Dari banyaknya bahasa daerah yang ada, Indonesia terbukti tetap bersatu sebagai NKRI. Hal ini dikarenakan adanya satu bahasa yang mempersatukan seluruh masyarakat Indonesia yang mungkin berkomunikasi dengan bahasa daerahnya. Bahasa tersebut adalah bahasa Indonesia.

Bayangkan, suatu wilayah misalnya Jawa Tengah hanya berkomunikasi menggunakan bahasa Jawa. Kemudian, di Jawa Barat menggunakan bahasa keseharian yaitu Melayu. Karena Jawa Tengah dan Jawa Barat adalah bagian dari NKRI, tentunya tidak sulit bagi kedua masayarakat dari dua daerah itu bertemu. Lalu, apa yang akan terjadi saat kedua warga dari daerah tersebut  bertemu, namun mereka tak saling memahami bahasa daerah lain. Hal tersebut hanya sebagian kecil dari beragamanya bahasa yang ada di Indonesia. Apakah mungkin, untuk berinteraksi bersama mereka harus menguasai semua bahasa di Indonesia yang begitu banyak. Tentu saja tidak mungkin. Untuk itulah diperlukan suatu bahasa yang dapat mempersatukan seluruh masyarakat Indonesia.

Seperti yang tercantum dalam sumpah pemuda yang terakhir, bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan seluruh masyarakat Indonesia. Melalui bahasa Indonesia, mereka dapat saling berkomunikasi, walaupun terdapat perbedaan suku dan budaya. Dengan adanya bahasa Indonesia, seluruh masyarakat dapat dipersatukan dan membentuk suatu kesatuan, Indonesia.

Selain beragamnya bahasa yang ada di Indonesia, terdapat pula aneka budaya yang dimiliki Indonesia. Hal itu menambah kekayaan negara dan suatu hal yang dapat membanggakan Indonesia. Budaya tidak hanya berpaut seputar kesenian seperti tarian ataupun musik daerah. Budaya dapat juga berarti sebagai suatu kebiasaan masyarakat yang memiliki perbedaan dan ciri khasnya masing-masing di tiap wilayahnya. Dapat berupa sebuah pemikiran maupun adat istiadat.

Contohnya, pada masyarakat Jawa ada sebuah tradisi seperti mitoni untuk wanita hamil yang menginjak usia tujuh bulan. Tradisi tersebut tentunya tidak terdapat di semua daerah Indonesia. Daerah lain juga pasti memiliki adat yang berbeda.

Lalu, bagaimana suatu budaya dapat mempererat persatuan bangsa? Lewat budaya, masyarakat dapat saling belajar antar budaya yang satu dengan lainnya. Masyarakat dapat saling bertukar pikiran satu sama lain. Ketika suatu acara tertentu berlangsung, masyarakat dapat bekerja sama dan saling membantu satu sama lain. Hal itu secara tidak langsung dapat mempererat tali persaudaraan satu sama lain. Memperkokoh persatuan Indonesia.

Dengan ragam bahasa yang ada kita dipersatukan dengan bahasa Indonesia. Sudah sepantasnya kita menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Kita pun harus menggunakan kekayaan budaya yang ada demi persatuan Indonesia. Bukan menjadikan keberagaman tersebut sebagai sebuah perbedaan yang dapat mengakibatkan perpecahan. Perbedaan yang ada harus dijadikan sebagai suatu hal yang dapat melengkapi satu dengan yang lainnya demi terbentuknya persatuan Indonesia.



Penulis :  Siti Wahyu Pawening

X IIS 1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar