Jumat, 05 Oktober 2018

Meneladani Pahlawan untuk Memperkokoh Persatuan


Generasi muda adalah generasi penerus bangsa yang dituntut untuk menghadapi kemajuan perkembangan dalam bidang sosial maupun IPTEK di Indonesia. Namun, dalam perkembangannya generasi muda mengalami kesulitan dalam persaingan global. Hal ini dikarenakan kurangnya kerja sama antar generasi muda untuk menghadapi berbagai kemajuan.

            Selain itu, masalah yang mendominasi kesulitan ini adalah budaya korupsi yang merajalela dan perekonomian yang menurun. Di sinilah tantangan generasi muda untuk seharusnya menjalin persatuan dan kekeluargaan yang kokoh bersama. Alangkah sebaiknya generasi muda menengok kebelakang sebentar untuk melihat masa lalu. Melihat bagaimana para pahlawan memperjuangkan kemerdekaan bangsa ini dengan rela mengorbankan jiwa raga demi kecintaannya kepada tanah air.

            Bagaimanakah cara memperkokoh persatuan? Kita bisa melakukannya dengan meneladani para pahlawan. Yang pertama harus kita teladani adalah sifat berani. Berani di sini memiliki makna yaitu berani mengutarakan pendapat, mengakui kesalahan, serta mengambil resiko dan keputusan. Sikap berani ini harus kita teladani dari Bung Tomo. Bung Tomo dengan berani membangkitkan semangat rakyat Surabaya untuk kembali melawan penjajah Belanda. Beliau juga memimpin perjuangan pertempuran Surabaya pada 10 November hingga di diberikan penghargaan sebagai Hari Pahlawan.

            Yang kedua adalah rela berkorban dan berjiwa besar. Tolong-menolong dan tidak putus asa adalah hal yang bisa kita lakukan untuk meneladani sikap ini. Selanjutnya adalah membela kebenaran dan keadilan serta kerjasama dan tanggung jawab. Gotong royong dan aktif berorganisasi merupakan hal yang bisa kita lakukan untuk menerapkan sifat teladan itu. Yang terakhir adalah menjaga persatuan dan kesatuan. Menerapkan rasa saling menghargai, menahan diri, menjaga etika, dan menganggap bahwa sesama warga negara adalah keluarga.

            Jadi, dengan menerapkan sifat-sifat yang kita teladani dari pahlawan kita dapat memperkokoh persatuan kita sebagai generasi penerus bangsa. Mulai dari berani, rela berkorban dan berjiwa besar, membela kebenaran dan keadilan, kerjasama dan tanggung jawab, hingga menjaga persatuan dan kesatuan. Dengan meneladani sikap pahlawan kita dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan. Hal itu telah terbukti dengan hasil dari pahlawan yang telah berjuang dan membuat kita semua mendapatkan kemerdekaan. Dari keteladanan itu kita sebagai generasi muda akan dengan mudah menghadapi kemajuan yang terjadi seiring perkembangan zaman.



Penulis            :  Fatimah Cahyaningtyas

X MIPA 8

Tidak ada komentar:

Posting Komentar