Jumat, 05 Oktober 2018

Perkokoh Persatuan Negeri Melalui Keteladanan Pahlawan


            Pahlawan adalah seorang pejuang yang memperjuangkan sesuatu demi dirinya dan orang-orang yang ia cintai, keluarga, anak dan cucunya, dan demi sesuatu yang ia anggap penting. Pahlawan akan melakukan apapun agar dapat meraih yang ia inginkan sekalipun nyawa mereka yang menjadi taruhannya. Mengapa? karena mereka ingin membahagiakan orang-orang disekitarnya, pada saat ia berjuang maupun pada masa depan setelah perjuangannya telah berakhir.

            Pahlawan bangsa pada zaman dahulu berjuang melawan penjajah bersatu dari Sabang sampai Merauke untuk melawan penjajah dan melawan pemberontak-pemberontak yang ingin merebut kekusaan. Mereka tidak saling mengenal satu sama lain tetapi mereka bersatu, berjuang untuk dapat mengalahkan para penjajah. Untuk kesejahteraan keluarga bangsa, negara dan anak cucunya kelak.

            Sampai sekarang, kita hidup dalam kondisi negara sudah merdeka. Kita hanya ditugaskan untuk mengisi kemerdekaan Indonesia ini dengan kegiatan-kegiatan positif dan menghindari kegiatan-kegiatan negative yang bisa mempengarui atau mengancam keamanan kemerdekaan negara yang bahkan bisa membuat bangsa kembali terjajah seperti dahulu kala. Kita harus mempunyai prinsip dengan alasan yang kuat. Prinsip “Belajar dari kejadian yang sudah pernah terjadi”. Maksudnya, kita harus bisa mengambil sesuatu yang positif dari hal atau suatu kejadian yang telah terjadi di masa lampau dan meninggalkan hal-hal negatifnya.

            Bangsa Indonesia yang dulunya terjajah bisa merdeka dengan perjuangnnya sendiri berkat para pahlawan yang bersatu. Dengan berbagai macam cara mereka merundingkan, dengan semangat yang tinggi mereka melawan penjajah. Menciptakan strategi-strategi baru agar pertahanan bangsa tidak mudah ditembus oleh penjajah.

            Sebagai pemuda pemudi Indonesia kita harus dapat meneladani sifat-sifat para pahlawan. Sebagai generasi penerusnya, kita harus mempunyai jiwa para pahlawan yang telah gugur mendahului kita.  Juga kita harus mempertahankan kemerdekaan. Menjaga semua hal yang didapatkan dari perjuangan para pahlawan.

            Persatuan dan kesatuan adalah sesuatu yang sangat mahal dan tidak mudah untuk didapatkannya. Kita harus menjaganya, menjunjung tinggi rasa persatuan dan kesatuan. Mengamalkannya dalam segala hal, dan kepada siapa saja sesama warga Indonesia. Kita harus bersatu tanpa memandang asal, suku, kebudyaan, ras bagaimana penampilan , kaya miskin sama saja. Kita adalah satu. Bhinneka Tunggal Ika. Dimana melambangkan Indonesia yang sangat luas, penduduk tersebar meluas dengan kebudayaan yang berbeda-beda dengan keadaan ekonomi yang berbeda-beda kita semua disatukan kita semua adalah satu, yaitu Bangsa Indonesia.

            Egois, ingin terlihat baik di depan orang lain, individualis juga wajar jika tumbuh pada saat kita akan menggapai apa yang kita inginkan. Namun, tidak untuk segala hal. Kita harus dapat memilah lagi kapan, dimana dan bagaimana kita harus bersikap. Terkadang memang kita ingin terlihat atau dipandang hebat karena melakukan sesuatu yang sehrusnya dibantu namun kita dapat melakukannya sendiri. Juga keegoisan itu muncul sehingga menimbulkan suatu kecurangan dan rasa saling menjatuhkan satu sama lain.

            Pada intinya, kita harus menjaga persatuan dan kesatuan tanpa memandang suku, ras, dan agama. Kita adalah satu Bangsa Indonesia. Kita harus menjaga apa yang para pahlawan perjuangakan untuk kehidupan kita. Kita harus amanah dalam menjaga apa yang telah susah payah didapat oleh para pahlawan yang telah gugur mendahului kita.

            Dalam hidup kita harus mengambil semua sisi positif dan meninggalkan sisi negative. Kalau ada sesuatu yang harus dicontoh mengapa tidak. Jika mereka bisa mengapa kita tidak. Yang utama adalah para pahlawan memiliki jiwa kepemimpinan yang patut dicontoh. Pemberani, percaya diri, amanah, dll. Kita harus dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.



            Jiwa kepemimpinan yaitu disiplin juga sangat sangat sangat diperlukan saat belajar dan berusaha meraih sesuatu yang diinginkan. Terutama adalah disiplin waktu. Dengan disiplin artinya kita sudah memiliki rencana yang tersusun secara rapi dan dalam kita tinggal melaksanakannya secara hati-hati agar hasilnya sesuai dengan yang kuta inginkan.

            Semangat tak usah pedulikan apa kata orang. Selama apa yang kalian lakukan tidak melanggar aturan, kalian tak usah takut. Semua akan berjalan dengan lancar jika kita berjalan sesuai aturan yang ada.



Penulis :  Nursinta Tri Astuti

X IIS 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar