Jumat, 05 Oktober 2018

Capai Persatuan, Teladani Pahlawan


Indonesia merupakan negara multikultural, artinya Indonesia memiliki beragam budaya, bahasa, adat istiadat, agama, ras, suku, dan lainnya. Keberagaman yang dimiliki Indonesia tentunya tidak selalu memberikan dampak yang positif. Akan tetapi, keberagaman ini juga dapat menimbulkan hal-hal yang negatif seperti disintegrasi. Lemahnya persatuan dan kesatuan antar individu maupun kelompok atau golongan menjadi pemicu utama terjadinya disintegrasi. Oleh karena itu, diperlukan kesadaran antar individu untuk memiliki rasa persatuan dan kesatuan demi tetap kokohnya negara kesatuan republik Indonesia.

Meneladani sikap pahlawan terdahulu merupakan salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan. Banyak sikap yang dapat kita teladani, mulai dari tanggung jawab, nasionalisme, patriotisme, rela berkorban, musyawarah mufakat, jujur, adil, dan masih banyak lagi. Sebagai pelajar masa kini, kita dituntut untuk menjadi bakal calon generasi emas bangsa Indonesia. Hal ini tentunya dapat terwujud apabila kita memiliki jiwa-jiwa seperti halnya jiwa-jiwa yang melekat pada diri pahlawan Indonesia. Menanamkan sejak dini jiwa pahlawan pada diri dan mengimplementasikannya pada kehidupan sehari-hari. Selain itu, kembali pada masalah keberagaman di Indonesia, memiliki jiwa para pahlawan sangat diperlukan agar persatuan dan kesatuan Indonesia tetap kokoh. Bersatu bukan tentang meleburkan yang banyak dan menjadi satu, tetapi bersatu adalah menggabungkan dan merasa semua milik bersama walau beragam.

Pahlawan, para pejuang yang berjasa bagi kepentingan berdirinya bangsa Indonesia dan perbuatannya memiliki pengaruh besar terhadap perkembangan kehidupan masa selanjutnya. Kita sebagai manusia yang hidup pada masa kini tentunya harus menjaga persatuan dan kesatuan yang telah didirikan oleh para pejuang bangsa dengan meneladani sikap dan sifat yang dimiliki orang yang telah bersusah payah membangun rasa persatuan yang menegakkan NKRI ini. Belajar dari apa yang telah para pahlawan perbuat. Berjuang untuk kemajuan dan kesejahteraan bangsa dapat dilakukan oleh semua orang sesuai bidang masing-masing dengan rasa cinta pada bangsa dan negara yang tanpa pamrih, setiap orang dapat menemukan jalan untuk berbuat sesuatu yang bermanfaat untuk bangsanya sesuai pepatah yang dikatakan oleh Ir. Soekarno "Jangan bertanya apa yang telah negara berikan pada kita, tetapi bertanyalah apa yang telah kita berikan kepada negara". Jadikanlah keteladan terhadap para pahlawan sebagai tonggak memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Mulailah dari hal yang terkecil karena sesuatu yang kecil tetap akan dapat memberikan pengaruh yang besar seperti jika kita meneladani sikap pahlawan akan berpengaruh pada kokohnya persatuan.

Penulis            : Chlara Puspa Amalia

X MIPA 4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar