Jumat, 05 Oktober 2018

Aku Generasi Unggul Kebanggaan Bangsa Indonesia


Pelajar? Mendengarnya saja pasti sudah terlintas dipikiran kita bahwa pelajar adalah kumpulan orang-orang  yang mempunyai tekad dan kemauan keras untuk memajukan bangsanya elalui pendidikan. Pelajar saat ini harus mampu menunjukan diri bahwa kami adalah generasi millenial, yaitu generasi yang nantinya diharapkan oleh bangsa ini mampu untuk memimpin Indonesia menuju ke masa yang gemilang. Oleh karena itu, kami, para calon pemimpin bangsa besar ini harus tahu bagaimana menjadi sosok generasi yang unggul baik dibidang teknologi, sosial bermasyarakat, maupun di ranah politik ekonomi. Banyak yang beranggapan bahwa nilai-nilai luhur Pancasila  mulai luntur dikalangan pelajar saat ini, tapi tidak bagi para calon pemimpin bangsa. Pelajar, termasuk saya,  harus bisa membuktikan bahwa pelajar lebih dari yang dapat diharapkan oleh bangsa.

Pelajar adalah salah satu tumpuan, harapan, serta aset bagi bangsa ini, tanpa peran pelajar bangsa ini tak akan menjadi bangsa yang besar dan tak akan menjadi bangsa yang dihargai dan dihormati oleh bangsa lainnya, coba kita pikirkan ketika bangsa yang besar, bangsa yang dikagumi dan bangsa yang sangat dihormati oleh bangsa yang lainya akan tetapi pada suatu saat bangsa itu runtuh dan tak lagi menjadi bangsa yang dikagumi karena kebijaksanaannya dan tak lagi dihormati oleh negara lainnya sehingga bangsa itu runtuh dan menjadi bangsa yang tertinggal cukup jauh sekali dari apa yang telah terjadi sebelumnya, itu salah satunya adalah tidak adanya generasi penerus yang melanjutkan perjuangan bangsa yang menjadi bangsa yang gemilang,  peran ini tidak terlepas dari para pelajar yang berjiwa semangat untuk menjunjung tinggi cita-cita bangsa ini. Sehingga seorang tokoh pejuang bangsa ini mengatakan bahwa bangsa ini akan besar apabila pelajar bangsa ini mau menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa ini dan jiwa nasionalisme untuk membela negara ini.

Kami, generasi millenial, adalah aset terbesar yang dimiliki oleh Negara Indonesia ini. Sebab apa? Sebab dimasa yang akan datang, kami yang akan menggatikan posisi para pemimpin, serta penggerak roda kehidupan besar di Indonesia ini. Maka dari itu, sangatlah perlu bagi bangsa ini untuk senantiasa memupuk benih-benih kepemimpinan sejak dini kepada para pelajar. Peran pemerintah dalam memajukan pendidikan Indonesia harus baik. Bagaimana penyusunan kurikulum serta meyeimbangkan antara akademik maupun nonakademik juga harus seimbang. Karena pada kenyataannya banyak sekolah-sekolah formal yang menuntut siswa mereka untuk pandai dalam bidang akademik saja, sedangkan nonakademik hanyalah sebagai sampingan. Lalu bagaimana untuk siswa yang justru lebih expert dibidang nonakademik, seperti baca puisi, olahraga, melukis, dll? Sepeti yang ditulis di laman facebook Jarot Wijanarko, pendiri Happy Holy Kids, tentang anak pasti pandai yang berintikan bahwa siswa itu pasti pandai tapi pada bidangnya masing-masing. Maka sangatlah perlu peran serta pemerintah dan juga orang tua dalam mendidik siswa agar kelak dapat menjadi generasi unggul yang pandai pada bidangnya masing-masing. Tidak hanya dibidang pendidikan saja, tetapi juga dibidang keagaaman. Peran agama menjadi dasar bagi para calon generasi unggul dalam mengarungi dunia kelak. Orang tua dan lingkungan yang agamis serta mempu memberikan nilai-nilai positif kepada pelajar merupakan dasar yang sangat penting sehingga dapat membentuk pelajar yang taqwa kepada Tuhan YME serta paham bagaimana harus bersosialisasi dengan baik.

Pelajar generasi unggul bangsa harus senantiasa mengenang jasa pahlawannya, dan paham memposisikan diri agar mempu menggantikan para pelajar pendahulu yang pernah berjuang di medan perang demi kemerdekaan Republik Indonesia. Perjuangan yang dilakukan pelajar generasi unggul bangsa tentunya bukanlah perang seperti jaman dahulu, melainkan dapat diisi dengan kegiatan positif serta bermanfaat bagi masyarakat dan bangsa.

            Dengan demikian, yang menjadikan pelajar (saya) menjadi generasi unggul penerus bangsa yang mampu meneladani pahlawan untuk menjadi pemimpin yang baik dan mampu menjadikan pelajar generasi unggul di masa sekarang maupun puncak kejayaan Indonesia kelak. Nilai-nilai luhur pancasila yang harus senantiasa pelajar generasi unggul pegang teguh, karena dengan itu, pelajar bisa menjadi generasi yang taqwa kepada Tuhan YME, menghormati jasa pahlawan, mampu bersosialisasi, dan selalu up to date dengan perkembangan teknologi dimasa kini maupun dimasa yang akan datang.

Penulis : Erlina Hikmawati

X MIPA 4


Tidak ada komentar:

Posting Komentar