Jumat, 05 Oktober 2018

Satukan Keberagaman dengan Bahasa Eratkan Persatuan dengan Budaya


Republik Indonesia adalah sebuah negara kepulauan terbesar di dunia yang terletak di Asia Tenggara. Melintang di khatulistiwa antara benua Asia dan Australia serta antara Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Indonesia memiliki 18.000 lebih pulau (sekitar 6000 tidak berpenghuni) yang menyebar sekitar khatulistiwa. Dengan jumlah bahasa daerah 655 yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia yang di dalamnya juga terdapat keragaman budaya. Bahasa dan budaya yang berbeda-beda ini membuat keanekaragaman yang terjadi di Indonesia. Bahasa dan budaya yang beranekaragam ini membuat Bangsa Indonesia menjadi erat dan memiliki persatuan yang kuat.

Dikarenakan bahasa daerah yang beragam, hal ini membuat kita sulit untuk memahaminya.  Untuk berkomunikasi antar daerah, kita menggunakan Bahasa Indonesia, yang di mana bahasa Indonesia merupakan alat pemersatu bangsa. Yang di mana bahasa Indonesia juga dapat lebih mengeratkan persatuan rakyat Indonesia yang memiliki berbagai perbedaan baik dari bahasa maupun budayanya. Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional yang tidak dapat dilepaskan dari kehidupan masyarakat Indonesia. Pada umumnya masyarakat Indonesia menguasai bahasa Indonesia di samping menguasai bahasa daerah.

Hal ini sangat penting di terapkan pada zaman sekarang. Hal ini disebabkan, pada zaman sekarang atau globalisasi banyak warga atau pelajar Indonesia yang kurang memahami Bahasa Indonesia,bahasa daerah, dan budaya. Hal ini dibuktikan dengan kurangnya pengetahuan dan pemahaman tentang bahasa dan budaya oleh warga atau pelajar Indonesia. Yang dimana pada umumnya para pemuda Indonesia lebih menyukai bahasa dan budaya dari bangsa luar.

Apa sih itu budaya? Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama dengan diwariskan dari nenek moyang secara turun temurun. Di dalam budaya terdapat kesenian,adat istiadat,dan tata krama yang berbeda-beda. Hal ini membuat bangsa Indonesia kaya akan budaya yang ada. Dengan keragaman budaya yang ada membuat  bangsa Indonesia memiliki persatuan yang lebih kuat. Baik persatuan dalam negeri maupun persatuan antar bangsa. Walaupun berbeda budaya, kita tetap memiliki satu tujuan yang sama, yaitu menjaga,mempertahankan, dan memajukan bangsa Indonesia. Budaya sangatlah penting untuk diajarkan dan dikembangkan pada era globalisasi ini. Hal ini dikarenakan para pemuda Indonesia lebih tertarik pada budaya  dari luar dari pada budaya dari dalam negeri. Hal dapat terjadi karena globalisasi yang masuk secara bebas.

Hal ini dapat dilihat dari tata krama yang ada pada para remaja. Kurangnya pengetahuan tentang tata krama bahkan budaya dapat membuat budaya menjadi tidak di ketahui kebenarannya ,bahkan bisa menjadi hilang atau diakui oleh negara lain. Tidak hanya budaya saja,namun juga bahasa daerah yang kurang di pahami dan di kuasai oleh para pemuda.

Oleh karena itu budaya dan bahasa harus di ajarkan dan di kembangkan. Hal ini dapat kita lakukan dengan mungubah cara pembelajaran atau penyampaian pada para pemuda. Kita dapat menggunakan media elektronik atau media yang membuat para pemuda lebih paham dan tertarik dengan apa yang disampaikan dan diajarkan. Dengan adanya budaya yang beragam ini membuat kita lebih mencintai Bangsa Indonesia dan dapat mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 


Penulis :  Febriani Setyaningsih

X MIPA 6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar