Jumat, 05 Oktober 2018

Perkokoh Persatuan Negeri Melalui Keteladanan dan Pahlawan

Meneladani sikap kepahlawanan berarti meniru dan melaksanakan sikap-sikap yang telah ditunjukkan oleh para pahlawan. Pahlawan berarti orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran, pejuang gagah berani. Pahlawan adalah seorang yang berjasa bagi kepentingan banyak orang. Perbuatannya memiliki pengaruh terhadap tingkah laku orang lain, karena dinilai mulia dan bermanfaat bagi kepentingan masyarakat bangsa atau umat manusia.
Sifat kepahlawanan tidak hanya dilakukan orang-orang yang dilatih untuk berperang. Misalnya rasa cinta tanah air dan bangsa ditunjukkan dengan cara yang berbeda. Perjuangan dilakukan oleh para pendidik yang mendirikan sekolah-sekolah rakyat untuk mencerdaskan bangsa. Perjuangan juga dilakukan oleh para pelajar yang dapat dilakukan dengan cara rajin dan tekun belajar guna memajukan bangsa.
Persatuan sangatlah penting bagi sebuah negara yang ingin hidup sejahtera. Dengan persatuan pula sebuah negara bahkan bisa bersatu dengan negara lain. Persatuan juga akan mewujudkan kerja sama yang baik diantara orang di dalamnya. Oleh karena itu, wujudkanlah sifat persatuan di kalangan pelajar. Persatuan adalah salah satu sikap pahlawan yang harus diteladani dan diterapkan sejak dini.
Sebagai pelajar yang berilmu dan berwawasan sikap kepahlawanan, hendaknya berusaha mewujudkan sikap kepahlawanan di bidang persatuan. Contohnya dengan melaksanakan piket kelas, menghormati perbedaan yang ada, dan membantu teman dalam memahami materi pelajaran.
Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dalam mewujudkan sikap kepahlawanan dalam bidang persatuan dan kesatuan dapat diwujudkan dengan beberapa cara sebagai berikut :
1.     Meningkatkan semangat kekeluargaan, gotong royong, dan musyawarah
2.     Meningkatkan kualitas bangsa Indonesia dalam berbagai aspek kehidupan
3.     Meratakan pembangunan serta berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
4.     Melaksanakan otonomi daerah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah
5.     Memperkuat sendi-sendi hukum nasional serta adanya kepastian hukum
6.     Melindungi,menjamin,serta menjunjung tinggi HAM
7.     Merperkuat system pertahanan dan keamanan sehingga masyarakat merasa terlindungi
Kesadaran dari dalam diri guna mewujudkan persatuan yang kokoh adalah sebuah landasan yang kuat dalam mewujudkan NKRI
            “Belajarlah dari pahlawan kita. Berjuang untuk kemajuan dan kesejahteraan bangsa dapat dilakukan oleh semua orang sesuaibidang masing-masing. Dengan rasa cinta pada bangsa dan Negara yang tanpa pamrih setiap orang dapat menemukan jalan untuk berbuat sesuatu yang bermanfaat untuk bangsanya”.
Penulis            :  Stenislaus Angga    
X MIPA 1      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar